Makanan Sehat Untuk Wanita Yang Sedang Hamil

Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil - Masa kehamilan merupakan periode penting dimana seorang ibu harus memberikan gizi terbaik bagi calon buah hatinya. Oleh karena itu seorang ibu harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Tentunya dengan makanan yang sehat dan bergizi agar kesehatan diri dan calon bayi tetap terlindungi sejak hamil hingga melahirkan.

Tentu tidak semua makanan baik untuk wanita hamil. Karena ada beberapa makanan yang dilarang saat hamil sebelumnya sudah kita bahas Makanan Yang dilarang Saat Hamil. Untuk mengetahui makanan apa saja yang baik dan sehat untuk wanita hamil, berikut daftarnya.

Makanan Sehat Ibu Hamil Yang Dianjurkan Depkes RI

  • Sumber zat tenaga (beras, kentang, bihun, mie, roti, makaroni, krackers, dll)
  • Sumber zat pembangun (ayam, ikan, daging, telur, hati, keju, susu, kacang -kacangan, tahu, tempe)
  • Sumber zat pengatur (sayur-sayuran yang berwarna hijau dan buah-buahan segar)

Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil

1. Sayuran Dianjurkan Untuk Wanita Hamil

Sayur-sayuran dengan daun yang berwarna hijau tua. Contohnya adalah Bayam, daun yang berwarna hijau tua ini memiliki kandungan serat dengan vitamin dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan termasuk juga didalamnya terdapat Vitamin A, C dan K dengan kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil.

2. Buah-buahan

Makan berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau,  merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda, dapat memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang rendah lemak dan kaya akan vitamin D (kalsium) yang baik untuk tulang kita dan memperkuat tulang pada bayi karena yoghurt baik juga untuk bayi yang berada dikandungan karena kandungan kalsium pada yoghurt sangat tinggi.

4. Telur

Untuk hal ini telur memiliki peranan yang penting bagi janin yang ada dalam kandungan. Terdapat sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral yang terkandung dalam telur. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein yang sangat banyak serta kaya akan kolin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan otak bayi nantinya.

Tanpa kandungan tersebut, akan timbul kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi. Oleh karena itu, sebagai ibu hamil atau mengandung untuk senantiasa melakukan pencegahan dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi telur. Banyak diantara ibu-ibu hamil kurang memperhatikan hal ini padahal telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung karoteind dan pigmen tanaman yang akan di ubah menjadi vitamin A oleh tubuh kita. Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan serat, asam folat, dan vitamin C yang juga baik untuk tubuh dan perkembangan bayi di dalam perut.

6. Ikan Salmon

Sebagian wanita hamil kurang suka dengan makanan yang berbau ikan selain karena baunya yang amis mungkin juga karena jumlah merkury yang cukup tinggi. Jumlah mercury yang tinggi kurang baik bagi ibu hamil karena dapat membahayakan proses system saraf. Beda halnya dengan ikan salmon yang memiliki merkury sangat rendah jika dibandingkan dengan ikan lainnya.

Hal tersebut sangat cocok dikonsumsi bagi ibu hamil, tapi untuk mengkonsumsinya jangan terlalu berlebih demi mengurangi dampak dari mercury tersebut. Cukup mengkonsumsi sekitar tidak lebih dari 12 ons tiap minggu. Mengkonsumsi ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan proteinnya berkualitas.

Saran saya bagi ibu hamil yang berbadan kurus agar bisa makan lebih banyak dari sebelum hamil. Sedangkan bagi ibu yang terlalu gemuk, kurangi lah porsi makanan sumber energi disesuaikan dengan kebutuhan normal. Usahakan konsumsi makanan dengan porsi kecil dan frekuensi sering. Itulah beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk wanita hamil.

Makanan Sehat Untuk Wanita Yang Sedang Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,