7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima

Tipsdantrikampuh7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & PrimaSepeda motor saat ini menjadi raja jalanan di Tanah Air dikarenakan jumlahnya yang cukup mendominasi jalan raya. Selain karena harganya yang memang terjangkau untuk semua kalangan daripada mobil, motor juga lebih fleksibel dan praktis dibawa kemanapun.

7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima


Perkembangan teknologi mesin motor pun terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu hingga sekarang motor dapat diandalkan untuk perjalanan jauh lintas provinsi. Hal dapat dilihat dari banyaknya motor dengan volume silinder yang besar lengkap dengan sistem pendingin water cooler.

Namun dikarenakan kesibukan aktivitas sehari – hari banyak diantara kita yang tidak mempedulikan kondisi motornya. Padahal dengan hanya meluangkan waktu sedikit untuk perawatan akan membuat kita terhindar dari biaya perawatan yang tinggi. Kerusakan pun dapat diminimalisir dan membuat mesin motor lebih awet. Berikut ini 7 tips merawat mesin motor agar awet & prima:

7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima


1. Tips Motor Baru

Jika Anda membeli motor baru maka jangan sampai menyia – nyiakan perawatan berkala gratis yang biasanya diberikan oleh dealer. Motor baru umumnya bakal mendapatkan gratis ganti oli serta 3 kali servis gratis pada kilometer 500, kilometer 1000 dan kilometer 2000. Ternyata hal ini bukanlah sekedar bonus namun memang mempunyai tujuan tersendiri. Hal ini sengaja dilakukan untuk mengecek jika terjadi kesalahan dalam perakitan karena bukan tidak mungkin kendati baru ada yang cacat karena kesalahan dalam perakitan. Selain itu mesin perlu menyesuaikan gesekan pada awal penggunaan pada berbagai komponennya. Usahakan untuk tak memuat beban berat pada 500 KM pertama dan menjalankannya dengan pelan jangan spontan.


2. Penggantian Oli Motor

Oli memiliki standard kekentalan yang biasa digunakan kendaraan yaitu SAE. Kebanyakan oli yang ada di pasaran sendiri telah sesuai dengan iklim di Indonesia. Untuk itu jangan takut keliru dalam memilih oli karena yang terpenting adalah memperhatikan waktu penggantian oli yang tepat. Hal ini dikarenakan terlambat mengganti oli akan dapat berdampak pada mesin motor Anda. Selalu rutin mengganti oli motor dengan patokan kilometer penggunaan oli bakal membuat kondisi motoo selalu prima.


3. Rutin Tune Up Sepeda Motor

Tune up motor cukup penting untuk mengetahui adanya komponen yang aus harus diganti serta untuk mengembalikan setelan motor yang kadang berubah karena terjadinya keausan pada sejumlah komponen. Kotoran dan debu – debu yang mengendap serta mempengaruhi kinerja mesin akan bersih dengan rutin melakukan tune up di bengkel. Terkait waktu yang tepat untuk melakukan tune up biasanya sudah tertera pada buku panduan motor yang disertakan dalam pembelian. Atau jika motor sudah tidak nyaman lagi digunakan maka itu berarti sudah saatnya melakukan tune up ke bengkel.


4. Cara Mengendarai Sepeda Motor

Cara berkendara juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keawetan dan performa motor Anda. Jangan sampai meniru adegan yang terdapat pada film – film yang suka menggeber gas secara spontan. Tindakan ini akan memicu keausan lebih cepat pada komponen rantai, kopling, katup bahan bakar, piston dan stang piston. Terlebih jika hal ini dilakukan pada motor berteknologi 4 langkah. Selain itu juga selalu sesuaikan antara setelan gigi dan kecepatan motor Anda. Selalu mulai dari gigi awal dan kurangi gigi saat Anda melewati jalan menanjak.


5. Penggunaan Motor Untuk Perjalanan Jauh

7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima


Jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor lebih dari 80 KM maka sangat disarankan untuk sebelumnya melakukan pergantian oli. Hal ini dikarenakan perjalanan jauh dan non-stop akan mempengaruhi suhu oli mesin motor Anda menjadi lebih panas dari biasanya yang tentu akan lebih baik jika menggunakan oli baru.  Sementara untuk motor tanpa water cooler dan hanya berpendingin angin maka disarankan istirahat sejenak setiap kisaran 80 kilometer.


6. Selalu Menjaga Kebersihan Motor

Untuk menghindari timbulnya karat dan keropos pada rangka motor Anda maka seringlah mencuci motor Anda terutama pada saat musim penghujan. Hal ini akan membuat rangka motor Anda menjadi lebih awet.


7. Tips Sebelum Motor Digunakan

Selalu biasakan memanaskan mesin motor Anda lebih dulu sebelum mengendarai motor yang tak terpakai lebih dari 8 jam. Hal ini dikarenakan oli yang berada pada bagian – bagian rumit mesin motor Anda akan turun dan mengumpul di bak mesin jika lama tak digunakan. Pemanasan yang dilakukan diharapkan dapat melumasi bagian – bagian mesin kembali. Apalagi pada motor 4 langkah yang mengandalkan oli mesin sebagai pelumas. Pemanasan mesin motor sendiri tak perlu lama – lama cukup berkisar 5 menit saja.

Baca Juga :


Sementara untuk motor 2 langkah tidak terlalu penting memanasi mesin terlebih dahulu dikarenakan penggunaan oli samping yang akan melumasi silinder mesin secara langsung bersama dengan bahan bakar.

Demikian tips otomotif kali ini yang bisa kami bagikan untuk kalian mengenai 7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ya kawan :D

7 Tips Merawat Mesin Motor Agar Awet & Prima Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,