10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap Bertenaga

Tipsdantrikampuh10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap BertenagaSepeda motor merupakan sarana transportasi yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Motor banyak dipilih daripada mobil dikarenakan lebih praktis dan fleksible saat berada di jalanan. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan terutama di kota – kota besar tidak memungkinkan untuk menggunakan mobil terutama pada jam – jam sibuk. Motor pun menjadi pilihan untuk menerobos kemacetan.

10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap Bertenaga


Terdapat beberapa pabrikan motor terkenal di Indonesia yaitu Honda, Yamaha, Suzuki. Sementara untuk jenis motor matic menjadi tipe motor yang paling banyak disukai masyarakat. Matic yang dulunya lekat dengan image wanita saat ini justru banyak pula laki – laki yang mengendarainya. Hal ini dikarenakan motor matic memang cukup praktis dengan gigi otomatis tanpa harus mengoper gigi secara manual.

Para pabrikan pun berlomba – lomba mengeluarkan produk motor yang kencang, gesit namun juga irit. Hal ini dikarenakan harga bahan bakar di Indonesia cenderung terus naik dari waktu ke waktu. Untuk Anda pengguna motor ada 10 cara agar motor tetap irit bensin dan tetap bertenaga sehingga nyaman saat berkendara di jalan raya tanpa merogoh kocek Anda. Berikut tips yang bisa Anda aplikasikan pada motor kesayangan Anda:

10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap Bertenaga


1.       Setel Klep Dengan Baik
Setelan klep memiliki peran penting pada motor Anda. Klep yang telalu longgar atau rapat dapat mengganggu kinerja motor Anda. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang akan membetot tali gas dengan kencang untuk mendapatkan laju yang diinginkan. Hal ini akan membuat motor Anda boros bahan bakar apalagi jenis matik yang cukup boros bila banyak memainkan tali gas. Untuk itu atur klep Anda sesuai dengan spesifikasi masing – masing motor supaya motor tetap awet dan bertenagan kendati telah digunakan cukup lama.

2.       Atur Setelan Kopling
Bagi Anda pengguna motor besar pasti kerap memainkan kopling. Setelan kopling sangat berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan Anda dan juga pada bahan bakar. Jangan sampai terlalu keras atau juga terlalu sensitif. Setelan kopling yang terlalu sensitif akan membuat boros bahan bakar karena sering selip yang membuat laju motor tertahan kendati putaran mesin telah meninggi.

3.       Filter Udara
Semua motor pasti memiliki filter udara yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin dengan mengalirkan angin ke dalam motor. Khusus jenis matik, filter udara akan sangat cepat kotor dibandingkan dengan motor biasa. Oleh karena itu  bersihkan atau ganti secara berkala jika telah kotor atau berlubang. Namun tak semua filter udara dapat dibersihkan dengan angin bertekanan sebagaiman jenis viscous element karena akan merusak serta melunturkan pelumas yang berguna untuk menangkap debu. Filter udara berdampak besar pada entengnya motor dan hematnya bahan bakar.

4.       Periksa Tekanan Ban
Kendati terlihat sepele namun tekanan ban ternyata juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal ini karena tekanan yang tidak tepat dengan bobot motor akan membuat boros bahan bakar karena membutuhkan power yang lebih besar.

5.       Mengatur Jarak Main Rem
Jarak main rem juga dapat berdampak pada konsumsi bahan bakar motor. Jarak main tuas rem depan dan belakang yang direkomendasikan adalah 1/3 dari jarak total main tuas. Jika terlalu dekat dapat menghambat laju motor Anda dan jika terlalu longgar bisa membahayakan pengereman Anda.

6.       Meningkatkan Pengapian
Semua motor pasti menggunakan busi dalam sistem pengapian. Busi memiliki peran penting pada laju motor dan iritnya bahan bakar. Anda dapat menambah besar percikan busi dengan memakai piranti pengapian spesifikasi tinggi misalnya booster koil atau koil racing. Hal ini tebukti ampuh untuk menambah kecepatan motor Anda dan membuat irit bahan bakar.

7.       Pelumas Oli
Gantilah oli secara rutin untuk menjaga performa motor Anda. Dianjurkan untuk mengganti oli tiap 2000 – 2500 km. Hal ini untuk menjaga mesin motor selalu segar dan irit bahan bakar.

8.       Mengurangi Beban Motor
Pabrik telah menyetel motor sesuai dengan kekuatan dan kecepatan mesin motor. Akan tetapi banyak orang yang melakukan modifikasi dengan mengganti ban serta body. Kalau memang terasa menambah beban jangan menambah modifikasi tersebut karena menambah beban mesin motor yang berdampak pada konsumsi bahan bakar.

9.       Periksa Kebersihan Karburator
Untuk Anda yang senang dengan otomotif tentu sudah tidak asing lagi dengan seluk beluk mesin motor termasuk karburator. Selalu cek kebersihan karburator untuk menjaga performa mesin karena perannya yang cukup vital pada motor kita. Jika kotor akan membuat motor Anda lemah atau bahkan macet mogok. Anda bisa membawanya ke tukang service jika tak dapat membersihkan dan menyetelnya sendiri.

10.   Service Berkala
Perawatan service berkala secara rutin sangat penting untuk menjaga kondisi motor Anda selalu prima. Ganti sparepart yang memang telah tidak standart lagi.

Baca Juga :

Demikian beberapa tips dari kami mengenai 10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap Bertenaga, silahkan dicoba dan semoga tips dari kami bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian ya :D

Tag : cara membuat motor irit dan kencang,,cara setting karburator agar irit bahan bakar,,cara menghemat bensin motor supra,,cara membuat motor irit dan bertenaga,,power booster motor,,cara mengiritkan bensin motor 2 tak,,cara menghemat bahan bakar moto

10 Cara Agar Motor Tetap Irit Bensin dan Tetap Bertenaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,