10 Tips Merawat Motor Matic Kencang, Awet dan Tahan Lama


Tipsdantrikampuh10 Cara Membuat Motor Matic Kencang (Tanpa Bore Up)Anda pengendara motor matik? Anda suka motor kencang? Nah, tips berikut ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan sebuah motor matik kencang dibandingkan dengan motor standart yang lain. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips dan trik menigkatkan tenaga motor matik Anda secara aman tanpa bore up dan merogoh kocek yang terlalu dalam. Caranya hanyalah dengan menyetting dan melakukan sedikit pergantian pada sejumlah komponen motor matic Anda saja. Berikut ini saya bagikan 10 cara membuat motor matic kencang tanpa melakukan bore up:


10 Cara Membuat Motor Matic Kencang (Tanpa Bore Up)


1.       Gunakan Roller yang Lebih Ringan



Mengurangi bobot roller adalah salah satu cara untuk upgrade performa tanpa bore up. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda menurunkan bobot roller terlalu banyak. Anda hanya cukup menurunkan bobot roller 2 gram dari roller standart pabrikan motor matik Anda.

2.       Gunakan Noken AS Racing



Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan pergantian noken as bawaan standart pabrik dengan part racing yang beredar di pasaran. Hal ini dapat Anda terapkan pada bebek matic jenis Yamaha Mio.

Sementara untuk Anda yang menggunakan matic jenis Honda Beat harus melakukan penyetelan ulang kerenggangan pada bagian katup atau klep. Langkahnya adalah setting ulang bagian klep inlet di kisaran angka 0,15 – 0,20 mm dan di bagian exhaust dibuat lebih rapat pada kisaran angka 0,07 – 0,1 mm dengan menggunakan fuller gauge.


3.       Porting Bagian Exhaust



Ketika masih dalam kondisi standart, dinding pada lubang inlet atau lubang exhaust memiliki tekstur mirip seperti kulit jeruk. Para mekanik kebanyakan menganggap hal tersebut dapat menghalangi jalur masuk dan keluarnya gas secara sempurna.

Akan tetapi pendapat tersebut tak sepenuhnya benar karena untuk mendapatkan performa motor yang maksimal justru jangan sampai membuang tekstur kulit jeruk di bagian inlet karena dapat mempengaruhi proses pencampuran udara dengan BBM. Yang harus dihilangkan dan dihaluskan adalah cukup pada bagian exhaust-nya saja supaya proses pengeluaran hasil pembakaran BBM menjadi lebih sempurna.

Untuk proses penghalusan dan perapatannya dengan menggunakan teknik porting menggunakan alat seperti cuner dan menghaluskannya dengan amplas.


4.       Penyesuaian di Sektor Knalpot
Langkah melakukan upgrade motor matik tanpa bore-up tak harus dengan menggunakan knalpot racing. Namun memang akan lebih baik jika melakukan modifikasi pada knalpot bawaan supaya pembuangannya menjadi lebih lancar.



Bila Anda merasa sayang mengoprek knalpot asli bawaan pabrik maka dapat menggantinya dengan knalpot aftermarket yang banyak dijual di pasaran.


5.       Menyetting Ulang Spuyer



Cara setting ulang spuyer sesuai dengan keinginan dari pemilik motor matik. Bila masih ingin menggunakan filter udara, maka setting spuyer dibuat kering. Namun jika ingin open filter maka perbandingan spuyer dibuat basah. Sementara terkait permasalahan ukuran spuyernya harus dengan trial and error. Hal ini dikarenakan 1 perbandingan main jet dan pilot jet tak dapat digunakan pada semua motor matik.


6.       Menaikkan Rasio Kompresi
Cara berikutnya untuk meningkatkan tenaga mesin motor matik adalah dengan menaikkan rasio dan kompresi. Sehingga ketika gas dibuka power mesin akan meningkat karena peningkatan kompresinya yang membuat terasa RPM bawah hingga RPM atas.



Cara meningkatkan kompresi matik Yamaha Mio dengan piston cekung dengan melakukan sedikit papas di silinder head  cukup berkisar 1 hingga 1,5 mm saja. Sementara untuk jenis Honda Beat harus mengganti piston terlebih dahulu misalnya menggunakan piston Vario yang lebih jenong.


7.       Penggantian CDI



Langkah ini khusus pada motor matik seperti Honda Beat dikarenakan mempunyai batas limit yang ditandai dengan tiba – tiba motor nembak ketika di top speed. Untuk jenis Yamaha Mio tak terjadi limit tersebut. Anda bisa menggantinya dengan CDI racing yang banyak beredar di pasaran.


8.       Mengganjal Ring Piston (Seher)



Langkah ini sangatlah efektif guna meningkatkan akselerasi putaran bawah. Cukup dengan menambahkan ring seher atau piston di per CVT belakang satu atau dua buah saja.


9.       Cuner Rumah Roler



Hal ini dilakukan untuk membuat nafas motor lebih panjang. Caranya dengan membuat landai menggunakan cuner dan dihaluskan dengan amplas.


10.   Penggantian Gigi Rasio



Cara ini tidak disarankan jika kondisi motor matik Anda masih standart bawaan dealer. Hal ini dikarenakan justru akan membuat motor Anda berat dan bukannya kencang kecuali matik Anda telah di bore up.

Baca Juga :


Demikianlah sedikit ulasan tentang 10 cara membuat motor matic kencang (tanpa bore up). Semoga sharing ilmu ini dapat membantu untuk Anda para pengendara matik yang gila dengan kecepatan. Yang menyukai kecepatan. Karena matik tak lantas berarti tak cepat. Kecepatan bisa menjadi milik siapapun termasuk pengendara matik.

Tag : cara merawat motor matic beat,,cara merawat motor matic injeksi,,perawatan motor matic injeksi honda,,service motor matic,,cara merawat motor matic mio,,perawatan motor matic injeksi yamaha,,cara merawat motor matic vario,,cara merawat motor matic vario 150

10 Tips Merawat Motor Matic Kencang, Awet dan Tahan Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,