Cara Memilih Dan Mengolah Ikan Yang Benar

Cara Mengolah Ikan Sebelum Dimasak - Ikan adalah salah satu makanan yang sangat disukai banyak orang. Selain harganya yang tidak terlalu mahal kandungan ikan juga banyak mengandung vitamin untuk kesehatan tubuh. Ikan juga mengandung protein dan omega 3 dengan kadar nutrisi yang tinggi. Nutrisi akan tetap terjaga jika kita benar cara mengolahnya. Karena mengolah ikan berbeda dengan mengolah daging. Berikut cara yang benar untuk mengolah ikan sebelum dimasak.

1. Memilih Ikan Yang Masih Segar

Untuk mendapatkan ikan yang lezat dan bernutrisi Anda harus memilih ikan yang masih segar dipasar. Jangan sampai Anda membeli ikan yang tidak segar dengan kualitas yang sangat buruk. Tips untuk memilih ikan yang benar antara lain perhatikan ikan masih terlihat bersih, insang merah dan mata masih bercahaya. Jika berbau amis jangan dibeli karena bila berbau amis berarti ikan itu sudah tidak segar lagi. Kecuali bau amis dari laut.

2. Perhatikan Tekstur Ikan

Sebelum Anda membeli ikan, kenali dulu tekstur ikan. Saya menganjurkan membeli ikan dengan daging berwarna putih dan cenderung bercahaya karena akan cepat matang.

Cara Memilih dan Mengolah Ikan Dengan Benar

3. Menghilangkan Bau Amis Dengan Bumbu Masak

Hilangkanlah bau amis yang terdapat pada ikan dengan bumbu masakan yang banyak dijual dipasaran. Atau Anda bisa menghilangkan bau amis ikan dengan mengolesi ikan dengan jeruk nipis sebelum dimasak. Saya sarankan gunakan bumbu yang dapat menghilangkan bau amis agar rasanya pun lebih nikmat.

4. Gunakan Saus Saat Memasak Ikan

Ikan akan terasa nikmat jika dalam kondisi yang sangat segar. Kenikmatan akan lebih terasa jika Anda menambahkan saus saat memasak ikan, masaklah ikan dengan saus yang tepat untuk meningkatkan cita rasanya. Dan untuk ikan yang bersisik putih gunakanlah lemon dan mentega, agar cita rasa ikan semakin lezat dan enak.

5. Memasak Ikan Jangan Terlalu Matang

Saat memasak ikan hindari memasak terlalu matang. Ikan yang terlalu matang akan menghilangkan rasa dan kandungan vitamin didalamnya. Untuk memasak ikan yang benar yaitu saat dimasak, warna dan tekstur ikan terlihat tidak jauh berbeda saat masih mentah. Dan Anda tidak perlu ragu ikan tidak matang dengan benar. Suhu panas akan tetap masuk ke dalam daging ikan tanpa perlu api yang besar. Jadi hindarilah pengunaan api kompor yang besar.

Saran saya sebelum dimasak, jangan pukul-pukul ikan layaknya daging sapi dan ayam, karena tekstur ikan sudah lembut. Jika berlebihan, ikan akan kering karena tidak lagi memiliki kandungan lemak. Untuk menguji kematangan ikan, Anda bisa menyentuhnya saat dimasak. Sekian cara mengolah dan memilih ikan sebelum dimasak. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Cara Memilih Dan Mengolah Ikan Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,