Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

TipsdantrikampuhTips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah BerkualitasSaat ini mobil sudah bukan lagi menjadi barang mewah namun telah menjadi sebuah kebutuhan banyak orang sebagai alat transportasi atau menjalankan sebuah bisnis. Permasalahan transportasi umum di Indonesia yang jauh dari kenyamanan membuat banyak orang memilih membeli mobil pribadi untuk keperluan sehari – hari. Akan tetapi saying tak semua orang mempunyai kemampuan untuk membeli mobil yang diinginkan. Harga mobil baru kadang masih terlalu tinggi untuk budget mereka yang terbatas.

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas


Dan pada akhirnya mobil bekas pun menjadi pilihan untuk meyiasati masalah finansial yang terbatas. Tetapi jangan salah, walaupun mobil bekas namun jika Anda teliti dan cermat dalam memilih mobil maka bukan tak mungkin akan mendapatkan barang yang berkualitas dan masih bagus. Saya akan membagikan sebuah trik dan tips untuk Anda yang berniat membidik mobil bekas berkualitas:

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas



1. Tempat pembelian

Tips pertama dalam memilih sebuah mobil bekas berkualitas adalah dengan memperhatikan aspek tempat pembelian. Memang saat ini terdapat banyak sekali tempat yang menawarkan jasa penjualan mobil bekas. Akan tetapi alangkah lebih bagus jika Anda mendapatkan mobil bekas tersebut dari orang yang ingin menjualnya secara langsung. Kendati showroom memang menyediakan lebih banyak pilihan, namun pembelian lewat showroom tentu harganya akan lebih tinggi daripada membelinya dari tangan pertama secara langsung.

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas


Membeli dari tangan perantara juga akan membuat harga mobil Anda menjadi lebih mahal. Pembelian dari tangan pertama juga membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan mobil tersebut apalagi jika barang tersebut dari orang yang sudah kita kenal. Untuk itu tempat pembelian menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli sebuah mobil bekas.

2. Eksterior mobil

Langkah berikutnya sesudah menemukan penjual beserta tempat mobilnya adalah dengan mengeceknya secara langsung dan teliti kondisi barang. Bagian pertama yang akan Anda lihat biasanya adalah eksterior mobil. Pada bagian eksterior yang pertama Anda periksa adalah pada bagian bodi terkait goresan dan kondisi cat. Anda juga harus memeriksa bagian kaca karena mungkin saja terdapat retakan.

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Berikutnya periksa kaca lampu dan lampu apakah masih berfungsi dengan baik dan menyala terang. Anda juga harus mengecek kondisi ban apakah masih bagus atau sudah aus. Selain itu jangan lupa masuk ke kolong mobil untuk memeriksa apakah ada karatan atau keropos.

3. Performa mesin mobil

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Bagian yang terpenting adalah mengecek performa mesin mobil. Anda bisa memeriksanya dengan menyalakan mesin mobil dan memperhatikan bunyi mesin apakah halus atau kasar. Selain itu mudah saat di stater juga menjadi salah satu ciri mobil masih bagus. Jangan lupa melakukan test drive untuk mengecek gigi dan kondisi keseluruhan mobil. Apakah ada oleng saat berjalan atau cenderung berbelok ke kiri atau ke kanan. Anda pun bisa melewati jalan tidak rata untuk mengecek kaki – kaki mobil. Akan lebih baik jika Anda mengeceknya bersama sang penjual agar juga mengetahui kondisinya.

4. Aksesories dan interior

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Sesudah Anda selesai mengecek bagian eksterior dan mesin maka saatnya mengecek bagian interior mobil. Komponen interior dan aksesories yang harus Anda periksa antara ain dashboard mobil, AC, karpet, langit – langit serta kualitas jok. Pastikan Anda mengecek semuanya termasuk kaca apakah masih berfungsi dengan baik saat dinaik – turunkan. Jangan lupa mengecek fungsi wiper dan kondisi pintu mobil. Pastikan semua fasilitas dan fitur yang ada berfungsi dengan baik termasuk radio dan audio.

5. Kelengkapan surat

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Kelengkapan surat menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Anda harus memastikan BPKB dan STNK-nya asli. Hal ini dikarenakan banyak mobil curian dan mobil bodong yang dipalsukan suratnya agar bernilai jual tinggi. Anda juga harus memastikan nama pemilik mobil tersebut untuk memudahkan Anda saat proses balik nama atau administrasi pajak.

6. Cek fisik

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Jika Anda masih belum yakin maka Anda bisa melakukan cek fisik di kantor Samsat untuk memastikannya. Ini akan memastikan keaslian data yang tertera pada BPKB dan STNK mobil tersebut. Langkah cek fisik ini tentu saja harus seizin sang pemilik mobil. Jika memang Anda telah yakin membelinya maka biasanya pemilik mobil tak akan keberatan untuk melakukan cek fisik.


7. Asuransi

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas

Yang terakhir adalah dengan memperhatikan asuransi mobil tersebut. Tentu akan lebih bagus jika Anda membeli mobil bekas yang telah diasuransikan. Terkait nama pemilik, harus diketahui jika asuransi dapat dipindahtangankan melalui proses balik nama di perusahaan yang memberikan jaminan asuransi mobil tersebut. Anda harus mempersiapkan dokumen jual beli dan kelengkapan lainnya supaya proses balik nama asuransi dapat berjalan lancar.

Baca Juga :

Anda memang harus teliti sebelum membeli mobil bekas karena jika tidak bisa membuat Anda mengalami kerugian seperti kerusakan mobil atau bahkan penipuan. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam memilih mobil bekas yang bagus.

Posted By : Flady Nasrulloh

Tag : memilih mobil bekas untuk pemula,tips membeli mobil bekas di showroom,cara mengecek mesin mobil bekas,tips membeli mobil bekas avanza,yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas,merk mobil bekas yang bagus,ciri ciri mobil bekas rental,tips membeli mobil bekas matic

Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Murah Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,