Tips Cerdas Membeli Motor Bekas Yang Murah Berkualitas


Tipsdantrikampuh | Tips Cerdas Membeli Motor Bekas Yang Berkualitas - Sangat wajar jika Anda merasa ragu – ragu sebelum membeli motor bekas. Mungkin takut tertipu, harga yang tak pas serta mungkin legalitas barang yang tidak jelas. Ada banyak resiko yang membuat Anda harus teliti sebelum memutuskan untuk membeli sebuah motor bekas.



Sebagian besar penjual akan memoles motor dagangannya sedemikian rupa sehingga akan menutupi semua kekurangan yang ada. Hal ini tentu dengan tujuan untuk dapat harga yang lebih tinggi. Akan tetapi trik dalam berdagang tersebut memang sah – sah saja dilakukan mengingat tujuan mereka memang untuk mencari keuntungan. Karena itulah maka Anda juga harus mengantongi tips membeli motor bekas agar mendapatkan barang yang bagus dan berkualitas. Berikut ini sejumlah tips membeli motor bekas yang kami rangkum secara jelas untuk Anda :


Tips Cerdas Membeli Motor Bekas Yang Berkualitas 


1.       Tentukan dulu pilihan motor yang ingin dibeli


Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menentukan pilihan jenis motor yang akan dibeli apakah itu jenis bebek, matic atau sport. Anda juga harus menentukan tipe serta pabrikan pembuatnya sebab tiap merk memiliki keunggulannya masing – masing. Ada 2 hal yang harus Anda perhatikan dalam menentukan pilihan motor :

·         Patokan harga
Apabila budget Anda terbatas maka jangan berpikir untuk membeli motor yang mahal karena Anda masih membutuhkan dana untuk perawatan dan perbaikan motor bekas tersebut.

·         Patokan selera
Untuk Anda yang memiliki dana tak terbatas maka bisa memakai patokan ini. Anda bisa dengan bebas memilih model dan tipe motor yang Anda inginkan.

2.       Periksa harga pasaran
Sebelum Anda membeli sebuah motor bekas, cari info terlebih dahulu seputar harga pasaran motor yang menjadi incaran Anda. Apakah berharga wajar? Bagaimana tren pasar barang tersebut? Anda dapat mengetahuinya dengan lewat media cetak atau dengan browsing di internet. Apabila ternyata motor yang Anda inginkan masih memiliki harga mahal maka Anda dapat mencari produk keluaran tahun sebelumnya.Motor yang berusia lebih tua memang biasanya akan memiliki harga lebih murah.

3.       Jangan asal memilih penjual
Setelah Anda menentukan pilihan dan mempersiapkan uang yang harus dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah mencari tempat pembelian motor. Jika bisa pilihlah penjual dengan reputasi yang bagus. Usahakan memilih showroom motor bekas yang bonafide sebab mereka biasanya memiliki criteria yang ketat dalam pembelian motor dari pemakai pertama. Anda juga bisa berurusan dengan tangan pertama langsung jika memungkinkan karena kemungkinan akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah.



Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus berhati – hati saat berurusan dengan sebuah situs jual beli karena Anda harus melakukan penelusuran lebih dalam lagi.

4.       Mengecek kelengkapan surat
Sebuah motor setidaknya harus dilengkapi dengan STNK dan BPKB. Pemilik pertama pun terkadang juga akan menyertakan faktur pembelian dalam surat tersebut. Jangan lupa untuk mencocokkan antara nomor rangka dan nomor mesin dengan yang tertera pada STNK dan BPKB. Hal ini untuk menghindari mendapatkan motor dengan surat palsu atau motor curian.

Untuk meyakinkan keabsahan nomor plat kendaraan bisa Anda cek lewat sms center kepolisian terdekat.

·         Wilayah Jakarta ketik: Metro nomorpolisi kirim ke 1717
contoh: Metro B8118HJ

·         Wilayah Jawa Timur ketik: Jatim nomorpolisi kirim ke 1717
contoh: Jatim AE3227SR

·         Wilayah Jawa Barat Ketik: poldajbr nomorpolisi kirim ke 3977

·         Wilayah Jawa Tengah ketik: jateng nomorpolisi kirim ke 7070

·         Wilayah Yogyakarta ketik: DIY nomorpolisi kirim ke 9600

Anda juga harus memastikan jika pemilik lama motor tersebut membayar pajak tahunan dengan tertib agar tagihan Anda tak membengkak. Apabila telah berumur 5 tahun maka berarti Anda harus mengurus STNK baru.

5.       Kondisi body motor
Anda harus memeriksa kondisi motor dengan teliti dan memastikan tak ada yang cacat seperti tergoresm retak atau penyok. Jangan lupa menanyakan keaslian suku cadang. Anda bisa mengajak teman yang lebih ahli jika merasa ragu – ragu.

6.       Cek olinya


Anda harus mengecek kondisi oli karena terkadang sengaja diisi berlebih untuk meredam mesin yang kasar dan bising supaya terdengar lebih halus.

7.       Periksa Speedometer


Periksa speedometer beserta segala fiturnya apakah masih berfungsi dengan baik.

8.       Nyalakan mesin
Gunakan perasaan dan pendengaran Anda untuk memastikan kesehatan mesin motor tersebut. Anda bisa mengecek tanpa memutar gas dalam menyalakan dan sesudah nyala apakah stabil dalam putaran RPM rendah. Motor bermasalah tidak dapat langsam pada putaran di bawah 1500 rpm.

9.       Test ride


Setelah yakin cobalah dengan test ride dan rasakan perpindahan gigi, gir rantai serta mesin ketika berjalan.

10.   Periksa kebocoran


Saat test ride cobalah berhenti untuk mengecek apakah ada kebocoran oli atau bensin pada bak mesin

11.   Cek kelistrikan

Pastikan semua lampu, klakson dan fitur lainnya dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga : 

Demikian tips membeli barang kali ini mengenai Tips Cerdas Membeli Motor Bekas Yang Berkualitas, silahkan dicoba dan semoga bermanfaaat :D

Posted By : Flady Nasrulloh

Tag : tips membeli motor bekas di showroom,tips membeli motor vario bekas,cara mengecek mesin motor matic,tips membeli motor bekas yamaha vixion,tips membeli motor matic bekas,cara memilih motor bekas berkualitas,cara membeli motor bekas agar tidak tertipu,tips membeli motor bekas satria fu

Tips Cerdas Membeli Motor Bekas Yang Murah Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,