7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita

Tipsdantrikampuh | 7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata KitaBerbicara masalah kesehatan mata tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Mata merupakan salah satu asset Anda yang sangat berharga dan tak ternilai harganya. Jangan sampai Anda menyesal gara – gara teledor dalam menjaga kesehatan mata Anda. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata untuk menjaga mata Anda dari gangguan dan kerusakan:

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita 



1. Periksakan mata secara rutin

Baik itu tua atau muda, pria atau wanita diharapkan secara rutin berkunjung ke dokter spesialis mata untuk memeriksakan kondisi kesehatan mata paling tidak 2 tahun sekali supaya kesehatan mata terjaga dan terlindungi. Untuk orang dewasa yang sudah menginjak usia di atas 40 tahun bahkan diharapkan untuk rutin memeriksakan kondisi mata paling tidak satu tahun sekali. Hal ini harus dilakukan untuk mengantisipasi penyakit mata yang terjadi karena faktor bertambahnya usia misalnya katarak dan glaukoma.

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Sedangkan pada anak yang berusia 6 – 12 bulan harus memeriksakan kondisi kesehatan mata agar masalah  penglihatan yang mungkin diderita dapat dideteksi secara dini. Anda pun harus mencari tahu riwayat kesehatan mata di keluarga Anda dikarenakan masalah penglihatan kerap diturunkan dari orang tua kepada anak – anaknya.

Selain itu mata juga dapat dipakai untuk mendeteksi sejumlah penyakit serius misalnya saja diabetes dan hipertensi atau tekanan darh tinggi. Jika telah terdeteksi sejak dini tentu saja pengobatannya akan lebih mudah.


2. Konsumsi makanan bergizi


Sejumlah penelitian yang dilakukan menyimpulkan kalau vitamin C, vitamin E, zinc, lutein serta asam lemak omega 3 memiliki peran besar untuk menangkal gangguan penglihatan yang berhubungan dengan faktor usia seperti degenerasi makula mata dan penyakit katarak. 

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata Anda maka rajinlah mengonsumsi sayuran hijau, tuna, salmon, blueberry, blackberry, kacang – kacangan serta buah – buahan seperti jeruk secara rutin. Gizi yang seimbang sangat berperan besar dalam membantu menjaga kesehatan mata Anda.


3. Jangan menatap layar komputer terlalu lama

Banyak gangguan yang dirasakan jika Anda sering menatap layar komputer terlalu lama. Anda dapat mengalami gangguan sakit kepala, sakit bahu dan punggung, nyeri pada area leher, mata kering dan tegang, sulit fokus memandang kejauhan serta kaburnya penglihatan.

Jangan menatap layar komputer terlalu lama


Bagi Anda yang harus bekerja di depan layar komputer sepanjang hari usahakan untuk mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter ke arah lain setidaknya selama 20 detik untuk relaksasi mata Anda.  Hal ini berguna untuk mengurangi ketegangan mata.

Anda juga bisa mengistirahatkan mata Anda setiap 2 jam sekali selama 15 menit untuk mengurangi resiko kekeringan pada mata. Jika Anda merasakan mata Anda kering maka sering – seringlah mengedipkan mata Anda untuk mengatasinya.



4. Menggunakan kacamata hitam

Selain kulit, mata ternyata juga membutuhkan perlindungan dari dampak berbahaya sinar ultraviolet matahari. Berbagai penyakit seperti degenerasi makula mata, katarak, kornea terbakar serta kanker kelopak mata siap mengancam Anda yang terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet.

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Untuk itu disarankan supaya Anda memakai kacamata hitam serta topi untuk menghalangi sinar UVA dan UVB saat berjalan – jalan pada siang hari.


5. Jauhi rokok

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Sudah bukan rahasia lagi jika merokok merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Seorang perokok memiliki resiko lebih besar terserang katarak, degeneasi makula mata, serta kerusakan saraf optik yang dapat mengakibatkan kerusakan retina dan kebutaan. Selain itu merokok juga akan menimbulkan plak pada aliran darah serta melemahkan arteri yang dapat memicu serangan jantung.

Apakah Anda masih ingin meneruskan kebiasaanmerokok ?


6. Buang make up lama

Riasan mata yang berbentuk cair atau krim ternyata dapat memicu tumbuhnya bakteri dengan mudah. Untuk itu buanglah make up Anda yang telah berumur lebih dari 3 bulan dan ganti dengan yang baru. Selain itu jangan sampai Anda meminjamkan atau menggunakan make up kepada orang lain. Selain itu Anda harus memastikan telah mencuci wajah sampai bersih  baik itu sebelum atau sesudah menggunakan make up.

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Jangan ragu untuk segera pergi ke dokter jika mengalami infeksi saat menggunakan make up dan segera menghapus riasan tersebut.


7. Rajin berolahraga

Melalui penelitian yang dilakukan ditemukan jika olahraga bisa mengurangi resiko gangguan penglihatan yang disebabkan oleh faktor diabetes, tekanan darah tinggi serta penyempitan maupun pengerasan pembuluh darah.

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita


Untuk menjaga kondisi mata selalu sehat  juga bisa dilakukan dengan tak meremehkan berbagai gangguan terkait mata. Jika terasa terdapat butiran pasir pada mata segera bilas hingga bersih. Dan apabila mata terasa gatal dan merah segera beri obat tetes mata atau kompres dingin.

Baca Juga :

Segeralah berinisiatif untuk memeriksakan ke dokter mata jika berbagai gangguan yang dirasakan tak kunjung sembuh dan terus berkelanjutan. Segera periksakan jika kondisi mata terasa ada yang tidak normal.

Posted By : Flady Nasrulloh

Tag : cara menjaga kesehatan mata secara alami,carane njaga kesehatan mripat,makanan untuk menjaga kesehatan mata,cara menjaga kesehatan hidung,materi kesehatan mata,cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer,cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus,pengertian kesehatan mata

7 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Flady Ganteng Banget

1 komentar:

=

 

Top
android phone with best battery life, what is the best android phone 2017,android phone with best camera,tagged mobile app for android,how to develop an app for android,best tablets for the price,best rated smart phones,top ten cell phones 2017,best android phone camera,best tv apps for android,best rated smartphones 2017,new droid phones 2017,best rated smartphone 2017,best droid phone 2017,best new cell phones 2017,,best free android tablet games,how to get free android games,android marketplace app download,best android camera phone,