Tipsdantrikampuh | 10 Cara Membuat Motor Matic Kencang (Tanpa Bore Up) - Anda pengendara motor matik? Anda suka motor kencang? Nah,
tips berikut ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan sebuah motor matik
kencang dibandingkan dengan motor standart yang lain. Pada artikel kali ini
saya akan membagikan tips dan trik menigkatkan tenaga motor matik Anda secara
aman tanpa bore up dan merogoh kocek yang terlalu dalam. Caranya hanyalah
dengan menyetting dan melakukan sedikit pergantian pada sejumlah komponen motor
matic Anda saja. Berikut ini saya bagikan 10 cara membuat motor matic kencang
tanpa melakukan bore up:
10 Cara Membuat Motor Matic Kencang (Tanpa Bore Up)
1. Gunakan Roller yang Lebih
Ringan
Mengurangi bobot roller adalah salah satu cara untuk upgrade performa
tanpa bore up. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda menurunkan
bobot roller terlalu banyak. Anda hanya cukup menurunkan bobot roller 2 gram
dari roller standart pabrikan motor matik Anda.
2. Gunakan Noken AS Racing
Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan pergantian noken as
bawaan standart pabrik dengan part racing yang beredar di pasaran. Hal ini
dapat Anda terapkan pada bebek matic jenis Yamaha Mio.
Sementara untuk Anda yang menggunakan matic jenis Honda Beat harus
melakukan penyetelan ulang kerenggangan pada bagian katup atau klep. Langkahnya
adalah setting ulang bagian klep inlet di kisaran angka 0,15 – 0,20 mm dan di
bagian exhaust dibuat lebih rapat pada kisaran angka 0,07 – 0,1 mm dengan
menggunakan fuller gauge.
3. Porting Bagian Exhaust
Ketika masih dalam kondisi standart, dinding pada lubang inlet atau
lubang exhaust memiliki tekstur mirip seperti kulit jeruk. Para mekanik
kebanyakan menganggap hal tersebut dapat menghalangi jalur masuk dan keluarnya
gas secara sempurna.
Akan tetapi pendapat tersebut tak sepenuhnya benar karena untuk mendapatkan
performa motor yang maksimal justru jangan sampai membuang tekstur kulit jeruk
di bagian inlet karena dapat mempengaruhi proses pencampuran udara dengan BBM.
Yang harus dihilangkan dan dihaluskan adalah cukup pada bagian exhaust-nya saja
supaya proses pengeluaran hasil pembakaran BBM menjadi lebih sempurna.
Untuk proses penghalusan dan perapatannya dengan menggunakan teknik
porting menggunakan alat seperti cuner dan menghaluskannya dengan amplas.
4. Penyesuaian di Sektor
Knalpot
Langkah melakukan upgrade motor matik tanpa bore-up tak harus dengan
menggunakan knalpot racing. Namun memang akan lebih baik jika melakukan
modifikasi pada knalpot bawaan supaya pembuangannya menjadi lebih lancar.
Bila Anda merasa sayang mengoprek knalpot asli bawaan pabrik maka dapat
menggantinya dengan knalpot aftermarket yang banyak dijual di pasaran.
5. Menyetting Ulang Spuyer
Cara setting ulang spuyer sesuai dengan keinginan dari pemilik motor
matik. Bila masih ingin menggunakan filter udara, maka setting spuyer dibuat
kering. Namun jika ingin open filter maka perbandingan spuyer dibuat basah.
Sementara terkait permasalahan ukuran spuyernya harus dengan trial and error.
Hal ini dikarenakan 1 perbandingan main jet dan pilot jet tak dapat digunakan
pada semua motor matik.
6. Menaikkan Rasio Kompresi
Cara berikutnya untuk meningkatkan tenaga mesin motor matik adalah dengan
menaikkan rasio dan kompresi. Sehingga ketika gas dibuka power mesin akan
meningkat karena peningkatan kompresinya yang membuat terasa RPM bawah hingga
RPM atas.
Cara meningkatkan kompresi matik Yamaha Mio dengan piston cekung dengan
melakukan sedikit papas di silinder head
cukup berkisar 1 hingga 1,5 mm saja. Sementara untuk jenis Honda Beat
harus mengganti piston terlebih dahulu misalnya menggunakan piston Vario yang lebih
jenong.
7. Penggantian CDI
Langkah ini khusus pada motor matik seperti Honda Beat dikarenakan
mempunyai batas limit yang ditandai dengan tiba – tiba motor nembak ketika di
top speed. Untuk jenis Yamaha Mio tak terjadi limit tersebut. Anda bisa menggantinya
dengan CDI racing yang banyak beredar di pasaran.
8. Mengganjal Ring Piston
(Seher)
Langkah ini sangatlah efektif guna meningkatkan akselerasi putaran bawah.
Cukup dengan menambahkan ring seher atau piston di per CVT belakang satu atau
dua buah saja.
9. Cuner Rumah Roler
Hal ini dilakukan untuk membuat nafas motor lebih panjang. Caranya dengan
membuat landai menggunakan cuner dan dihaluskan dengan amplas.
10. Penggantian Gigi Rasio
Cara ini tidak disarankan jika kondisi motor matik Anda masih standart bawaan
dealer. Hal ini dikarenakan justru akan membuat motor Anda berat dan bukannya
kencang kecuali matik Anda telah di bore up.
Baca Juga :
Demikianlah
sedikit ulasan tentang 10 cara membuat motor matic kencang (tanpa bore up).
Semoga sharing ilmu ini dapat membantu untuk Anda para pengendara matik yang
gila dengan kecepatan. Yang menyukai kecepatan. Karena matik tak lantas berarti
tak cepat. Kecepatan bisa menjadi milik siapapun termasuk pengendara matik.
Tag : cara merawat motor matic beat,,cara merawat motor matic injeksi,,perawatan motor matic injeksi honda,,service motor matic,,cara merawat motor matic mio,,perawatan motor matic injeksi yamaha,,cara merawat motor matic vario,,cara merawat motor matic vario 150